AC TIDAK DINGIN ATAU SENSOR AC BERKEDIP ATAU AC MATI TOTAL BISA JADI KOMPRESOR AC LEMAH (Service AC Medan)




Ciri - Ciri Kompresor Ac Lemah - Kompresor merupakan sebuah komponen penting yang terdapat pada ac dan pendingin lainnya. Seperti halnya komponen lainnya kompresor juga terkadang dapat rusak atau hanya sekedar lemah. Maksudnya lemah adalah penurunan daya kerja yang menyebabkan kompresor tidak mampu memberikan hasil yang maksimal dalam proses pendinginan.

Dan berikut ini ciri-ciri kompresor ac lemah yang biasa di temui.

1. Tidak mampu mendinginkan ruangan secara maksimal

Jika suhu ruangan mulai terasa kurang dingin, selain karena kotor atau juga kurangnya freon, bisa saja hal ini disebabkan oleh kompresor yang sudah mulai lemah. Tekanan atau dorongan yang dihasilkan tidak kuat sehingga membuat hasil dingin menjadi berkurang, ini bisa dilihat dengan cara menyentuh bagian evaporator, biasanya evaporator dinginnya tidak merata.

Jika tekanan freon cukup namun ampere kompresor berlebih, ditandai dengan kurang dinginnya ac, maka bisa saja hal ini disebabkan oleh press kompresor yang sudah mulai lemah. Untuk menangani ini sebaiknya anda melakukan kuras freon. Gas freon di buang sampai habis untuk kemudian di vacum ulang dan di isi freon kembali.

Namun jika langkah tadi belum juga bisa mengatasi lemahnya kompresor, maka anda juga bisa mengganti oli kompresor dengan cara menguras oli lama dan mengisinya kembali dengan oli yang baru. Atau bisa juga menambahkan ukuran kapasitor kompresor. Jika sebelumnya menggunakan kapasitor dengan ukuran 20 uf, maka ganti dengan kapasitor yang memiliki ukuran lebih besar, 25 uf misalnya.
Cara-cara tadi biasanya dapat membantu kerja kompresor agar lebih kuat lagi. Namun jika tetap tidak bisa, kemungkinan kompresor ac memang sudah lemah atau akan rusak. Jika sudah begini maka mengganti kompresor dengan yang baru merupakan langkah paling tepat.

2. Berisik

Kompresor lemah juga bisa dilihat dari suara yang dihasilkan, jika berisik kemungkinan kompresor ac anda sudah lemah. Ini disebabkan oleh piston yang aus atau kurang oli. Untuk mengatasi permasalahan ini biasanya teknisi ac mencoba untuk menambahkan atau mengisi baru oli kompresor. Sementara untuk piston maka sebaiknya tidak perlu di perbaiki, sebaiknya ganti saja kompresor dengan yang baru, mengingat mengganti piston atau daleman kompresor membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

3. Kompresor cepat panas

Ciri - ciri lainnya yang menandakan kompresor ac lemah adalah kompresor cepat panas, baru hidup sebentar namun sudah sangat panas. Sama seperti pada keluhan kompresor berisik, kompresor yang cepat panas juga bisa di sebabkan oleh kurangnya oli di dalam kompresor. Jika anda menemukan keluhan seperti ini pada ac anda, kompresor cepat panas, kemungkinan kompresor ac yang anda miliki sudah mulai lemah.

Post a Comment

0 Comments